Sabtu, 01 September 2007

Modal ??

Bicara masalah modal kadang hal inilah yang menjadi kambing hitam dalam memulai Bisnis...

anda pasti sering mendengar wah saya gak bisa bisnis soalnya gak punya modal itu bener2 alasan yang klise dan kadang membuat saya sebal...

yang membuat mereka terjebak karena kesalahan persepsi mengenai modal,modal selalu di konotasikan dengan UANG...

padahal modal bukan hanya UANG coba anda bayangkan pegawai kantoran yang levelnya tinggi dan gajinya gede yang memiliki uang kadang juga gak bisa mengolah uangnya.

bagi saya modal itu adalah:
Uang
Pengetahuan
Teman
Kepercayaan
Informasi
Cinta
Waktu
Pasar
Ide

saya akan bahas satu persatu:

Pengetahuan
Pengetahuan saya mengenai marketing dan perbankan menjadi modal utama saya mengambil alih perusahaan2 yang sakit dan tampa mengeluarkan uag sepeserpun.

Teman
Karena berteman dengan pengusaha saya mendapatkan hak pengolahan gedung yang nilainya milyaran rupiah tampa keluar uang sdikitpun.

Kepercayaan
karena saya membayar pinjaman tetapat waktu dan memegang janji saya dengan bermodalkan kepercayaan saya memiliki akses pinjaman kepada bank2 sehingga jika saya memiliki hot deal mereka dengan senng hati meminjamkan uangnya.

Informasi
saya bisa menjual informasi berinfestasi di property, bisnis dll kepda pihak lain dan mereka dengan senang hati membayar seminar saya.

Cinta
Orang tua memberikan uang pensiunnya sebagai modal usaha anaknya

Waktu
pegawai menjual waktunya kepada kantor tempatnya bekerja

Pasar
pedagang mengetahui pembeli potensial suatu produk dan membeli ke supplier yang murah dan menjualnya dengan selisih.

Ide
banyak orang yang membagun bisnisnya bermodalkan ide contohnya para ilmuan

Nah dari sini kita bisa mengambil kesimpulan ternyata modal tidak selalu berkaitan dengan uang saja ada hal2 lain yang lebih besar dari uang.

Tidak ada komentar: